Rabu, 11 Desember 2013

melegakan memori internal imo s79 dari gunadarma

WARNING: pastikan di baca sampe selesai, untuk menghindari masalah :D

UPDATE 14/02/14 : FAQ Updated :)

NOTE: Screenshot memakai bahasa indonesia, kalo image ngga keluar, coba di refresh

well, senin kemaren gw abis dapet hp dari gundar. tadinya gw pikir imo supernova yg non OS. taunya gw dapet imo s79 dg os JELLY BEAN!!!!


sialnya, gw ngga bisa masang banyak aplikasi, apalagi setelah google play di update -__-


tapi... ternyata bisa diakalin caranya :


sebelum gw mulai, lo mesti inget, resiko ditanggung sendiri *evil grin*
dan kalo lo bingung silahkan tanya disini :)
oh iya. kalo bisa kasih tau juga masalahnya di step berapa

TAHAP 1: rooting


1. lo pasang dulu farmaroot ke android lo, download dari sini

2. buka aplikasinya, terus lo klik yg boromir. lalu restart. setelah ini hp lo udah selesai di root


TAHAP 2: partisi SD Card


disini akan gw kasih contoh partisi sdcard 4GB yg bakal gw pecah, 2.8 gb buat data, dan sisanya buat internal android


3. nah sekarang lo partisi sd card lo, lakukan lewat laptop dari card reader (jangan langsung dari hp) pakai tools mini tool partition wizard

4. Buka MiniTool Partition Wizard lalu klik kanan pada sdcard (bisa di drive F atau H atau yang lain.tergantung sdcard lo kedetect dimana). Pilih Move/Resize



5. disana bakal muncul gambar seperti ini, nah partisinya di resize, caranya pojok kanan di geser ke kiri sampe unallocated space afternya kira kira 1000 mb, lalu klik OK
note disini gambarnya salah soalnya unallocated space beforenya harus 0

6. sekarang klik kanan partisi *: dan pilih create

7. Create as diisi PRIMARY


8. File system pilih yang ext2

9. besaran partisinya biarin aja. klik ok

(note: step 10-11 removed)


12. kalo udah, klik tanda centang (√) apply changes di pojok kiri atas untuk memulai proses partisi.

13. tungguin sampe selesai.





sekarang hp lo udah dipartisi

TAHAP 3: Mounting Ext2 ke sistem


14. abis itu masukin sd card lo ke hp

15. lo install aplikasi link2sd dari sini

16. jalanin aplikasinya, kalo ditanya "select the file system of your sd card's second partition" pilih ext2

17. kalo muncul pesan seperti ini. pilih grant (ijinkan)

18. terus kalo udah dan ada yg nanya reboot device. pilih reboot device

note: ada kemungkinan di sini bisa muncul pesan gagal, (gw lupa screenshot). kalo terjadi, restart aja. terus coba lagi


19. setelah hp lo restart, buka link2sd lagi

20. klik pojok kanan, terus buka settings

21. disini, relink lib files at boot harus tercentang

22. sementara relink relink dex files at boot tidak tercentang. lihat gambar dibawah

23. keluar dari aplikasinya

TAHAP 4: Linking App&Dalvik-Cache ke sdext2


sekarang lo download root explorer, dari sini

24. sekarang buka root explorer. bakal muncul pesan dari SuperSU. pilih grant

25. dari root, sekarang terus masuk ke folder data.

26. cari folder app sama dalvik-cache

27. copy kedua foldernya ke sdext2 (scroll aja ke bawah)


28. selesai di copy, pastiin lo masih ada di dalam folder sdext2

29. lo teken lama folder app yg ada di sdext2 sampe muncul menu seperti ini

30. di menu itu lo pilih link to this folder, nanti bakal muncul pilihan "create link & cancel".
31. jangan langsung create link, tapi lo tekan tombol back. nanti balik lagi ke folder data. disitu baru lo teken create link

32. kalo ada peringatan seperti ini, yes-in aja

33. balik lagi ke folder sdext2 terus lo teken lama folder dalvik-cache, sama kyk tadi, lo teken lama, sampe muncul menu, terus pilih link to this folder. balik ke folder data, terus create link, kalo ada peringatan, yes-in aja

34. kalo udah selesai, restart hape lo. sekarang hp lo udah bisa masang banyak aplikasi :D

ini contoh pemakaian memori di hp gw


Semoga bermanfaat :)

FAQ:

Q: kalo hpnya mendadak ngelag banget, bisa gw cabut batrenya ngga?
A: Ngga! imo gundar itu rentan banget, kalo lo cabut batre, pas lo idupin lagi bisa stuck di gambar ug in your hand. or in worst case sd card lo ikutan rusak

Q: kok masih ngga bisa bikin script padahal udah direstart berkali kali?
A: kalo begini jadinya, waktu di link2sd buka setting dulu, terus relink lib sama dexnya jangan di centang, terus restart hpnya dan lo recreate script lagi

Q: gw mau ganti kartu sd, bisa ngga?
A: bisa tapi ribet banget dan data lo udah pasti ke hapus, pertama lo mesti uninstall semua aplikasi, lalu mesti unlink folder foldernya.

sisanya gw lanjutin lagi next time :)


239 komentar:

  1. Ugh bingung kak ! kaga muncul tuh sdext2 yang ada root sama sd00 gitu lupa nama yang Storage-nya, mohon pencerahaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sampe step berapa bro?
      sdext2 adanya di folder data loh
      kalo sdcard0 kemungkinan lo ada di dalam folder storage

      Hapus
    2. wah kak ! udah resolved .. ane cari - cari ada di root/data/sdext2 langkah" udah semua benar sekarang tapi yang ane heranin koq internal nya tetap aja 107 apa setiap ane install APK atau game langsung otomatis ke sdext2 itu kan atau gmn mohon pencerahannya

      Hapus
    3. sori kelewatan
      lo ngeliatnya di storage atau di apps?
      kalo di storage emang gitu...
      kalo mau yg bisa dipercaya liatnya di storage info dalam link2sd

      sebagian besar langsung ke sdext2. termasuk game

      Hapus
    4. ea kak ! ane perhatiin bener kata kakak, tapi koq sebagian apk ada yang gak masuk ke storage 2 yah kak contoh ane download game angry bird gak masuk ke storage 2 malah masuk ke SD card utamanya klo ane mau buat link juga gak bisa! kata notice nya fail storage full ya semacam itu deh tepatnya tapi ane bingung itu storage yang internal apa yang SD Card

      Hapus
  2. update 11-12-13 : broken link fixed

    BalasHapus
  3. Gan klo udah selesai aplikasi gunadarmanya ilang gak??..tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
  4. gan ini udah bisa di pake belom sih? di first line masih ada kata-kata "sementara jangan di praktekin dulu, karena temen gw hp nya jadi rajin reboot" soalnya.. ane mau nyoba nunggu kepastian dari ente deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah yg di temen gw udah kelar, nanti gw bikin di FAQ nya

      Hapus
  5. versi gambarnya gan biar jelas dan pasti

    BalasHapus
  6. iya gan , kata si bang Iqbal Syarif, itu bener kejadian kagak gan? mohon dibalas walaupun sedang uts ya gan,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah kejadian, soalnya waktu dia jalanin step 16-17 ngga muncul pesan seperti nomor 18. tapi dia link folder app sama dalviknya

      Hapus
  7. bang kan saya mau copy app dan dalvik-cache ke sdext2 tp kok sdext2 nya ngga ada yaa? tolong infonya doong pleaseee

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lo partisi belom sd card lo pake card reader

      Hapus
    2. pastiin sd cardnya udah di partisi. terus juga pastiin partisi sdext2nya udah di mount make link2sd

      Hapus
    3. Udah bisa gan udah sukses nih, tp td kan disuruh copy app dan dalvikcache nah pas di copy ke sdext2 memory ga cukup, trs saya hapus tuh google play store karna ga cukup, ehh tbtb setelah selesai semuanya, setelah di reststart ternyata bbm, google penelusur gabisa dibuka katanya gini "sayangnya, anda telah berhenti dari google". Trs saya donlot lg tuh google play storenya di google, eh malah gbsa dipasang, katanya "data tidak valid". Itu gmn yah? Mohon pencerahannya gan :''(

      Hapus
    4. Tadinya masalah lo sama kaya gua. Terus gua coba cek" lagi dari awal. Ternyata partisi *: typenya masih logical terus gua ganti PRIMARY karna gua kurang teliti. Coba lu cek" aja lagi.!
      Utuk Achmad thnx bner infonya ye. :D

      Hapus
  8. padahal saya udah ada di folder data. mohon pencerahannya :''(

    BalasHapus
    Balasan
    1. donload apk google play aja dari luar/komputer, trus lo instal apknya di hp

      Hapus
  9. makasihhh ommm. beres :)))))))))) !! thanks a lot gan

    BalasHapus
  10. Cuma mau nambahin aja, klu folder dari agan Acmad folder yg di link hanya -app dan -dalvik cache, folder -app private juga bisa di link jadi urutannya -app -app private -dalvik cache, tapi yang untuk benar2 mau lega internal nya bisa di tambahkan folder -data namun SD card harus class 10 agar tidak LAG saat membaca data aplikasinya :) CMIIW | btw nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup itu juga bisa, tapi menurut gw lumayan riskan, soalnya kalo sdcardnya diganti/dicopot lebih banyak aplikasi android yg ngga jalan dari pada kalo app sama dalvik-cachenya yg di link.
      cmiiw

      Hapus
    2. punya ane gitu gan, gmn cara balikinnya gan ???
      please bales....

      Hapus
  11. kok gue kaga kebentuk ye bro ?

    BalasHapus
  12. thanks sebelumnya gan..
    tapi setiap ane download + install dari google play, tertulis "kapasitas ruang memory tidak mencukupi bla bla bla.." (klo gak salah)
    akhirnya ane "mentahin" jadi .apk dan berhasil sih di install, tapi setelah itu keluar pop up "phone storage is full, please delete useless file" opsi nya >> "Uninstall applications"

    mohon pencerahannya gan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane udah ikutin step2 agan..
      ane jadiin 2gb ext2 nya..
      tapi pop up "phone storage is full...." selalu muncul..
      tolong ya gan ^_^

      Hapus
    2. kemungkinan storage yg buat musik,foto dll kepenuhan.

      Hapus
    3. terus juga ext2 nya di kasih 2gb juga kebanyakan banget..
      terlebih kalo preferred install location nya SD card.

      Hapus
  13. Balasan
    1. bisa aja. tapi ngga bakal cukup. soalnya memori bakal gampang penuh. apalagi yg buat musik/foto
      kalaupun mau di paksain. yg buat internalnya dibikin 500mb aja

      Hapus
    2. klo internalnya dibikin 500mb jd nya unallocated space beforenya gk 0 gimana dong itu?

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. ka kalo pake kartu memori yg 2gb bisa ga ka?

    BalasHapus
  16. klo kaga ada pesan kaya gini gimana? "16. jalanin aplikasinya, kalo ditanya "select the file system of your sd card's second partition" pilih ext2"

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya partisinya ngga kebaca. tapi udah di partisi sd cardnya kan?

      Hapus
    2. sama nh ga ada ada pesan kaya gitu

      Hapus
    3. klo udh muncul pesan ""select the file system of your sd card's second partition" pilih ext2" terus dia bilang "link2SD tidak mendapatkan hak akses root" nah ini kenapa?

      Hapus
  17. sukses gan. thanks a lot

    btw, info storage yg di menu setting jadi ngaco gini yak? pic:

    m.facebook.com/photo.php?fbid=10200850459806999
    m.facebook.com/photo.php?fbid=10200850535168883

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang begitu, kalo mau liat yg bener. buka storage info di link2sd

      Hapus
    2. okeh.
      btw, cache yg di link2sd itu bisa dibersihin ga ya?

      Hapus
    3. oiya, kalo mau kembaliin semerti semula (sd card blm dipartisi) caranya kek gimana gan?

      Hapus
    4. yg cache : mungkin bisa, tapi gw belom test
      yg balikin seperti semula: next time bakal gw post

      Hapus
  18. biar kebaca caranya gimana? udh kok caranya kaya tahap 2 kan?

    BalasHapus
  19. mau nanya dong kok di step ke 24 ga keluar kata kata dari super SUnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba langsung buka folder data. kalo ada isinya berarti udah di grant sama SuperSU.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. gan kok ane kan udh kelar tapi pas jalanin step ke 30 ada bacan "Sayangnya Aplikasi BBMterheti" itu kenapa ya gan?

      Hapus
    4. kemungkinan waktu lo lagi nge-link.. bbm lagi jalan (maksud gw lagi nerima pesan)
      sekarang gimana keadaannya?

      Hapus
    5. udah sukses gan makasih banyak infonya sngat membatu

      Hapus
  20. Udah bisa gan udah sukses nih, tp td kan disuruh copy app dan dalvikcache nah pas di copy ke sdext2 memory ga cukup, trs saya hapus tuh google play store karna ga cukup, ehh tbtb setelah selesai semuanya, setelah di reststart ternyata bbm, google penelusur gabisa dibuka katanya gini "sayangnya, anda telah berhenti dari google". Trs saya donlot lg tuh google play storenya di google, eh malah gbsa dipasang, katanya "data tidak valid". Itu gmn yah? Mohon pencerahannya gan :''(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw rada gagal paham nih, yg ext2 lo kasih berapa mb? soalnya app sama dalvik cache paling gede cuma 100mb sebelum di legain.

      yg berhenti itu emang pengaruh dari google play store sama play service, nanti gw upload dua duanya

      Hapus
    2. set ulang ke pengaturan pabrik...

      Hapus
  21. Dan setiap setelah reststart ada tulisan "android sedang meningkatkan versi" itu gimana ya gaaan? T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau gw, harusnya cuma sekali, dan itu juga setelah rooting.

      Hapus
  22. gan makasih sangat dan bener bener SUKSES infonya sangat membantu

    BalasHapus
  23. Gan, kok pas mau instal framarootnya applikasinya gabisa ke insal ya? Tolong dibantu ya gan

    BalasHapus
  24. bro, ini internalnya beneran bisa ningkat sampe 2 GB tergantung kapasitas micro SD? bgitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gw, itu tergantung berapa yg lo kasih buat ext2 nya

      Hapus
  25. bang kalu w download aplikasi !
    yg kemakan memory yg mnh ?
    - internal
    - sd card
    - sd card 2nd
    - system

    yg mnh bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung setting lo
      kalo sekarang yg paling banyak di pake itu sd card 2nd
      nah kalo preferred install locationnya lo bikin sd card, sd card lo juga kemakan memorinya
      dan internal juga masih ke pake dikit biasanya buat cache

      Hapus
  26. gan paslagi partisi sd card harus pake card rider ya?? pake mmc rider kgk bisa???

    BalasHapus
  27. kalo ada tulisan gini di step 18
    "Memasang script salah
    Script pemasangan tidak dapat dibuat
    ext2kemungkinan tidak cocok untuk handphoneme. coba FAT32 utk partisi ke 2"
    itu kenapa ya? salah di partisi sd card ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang emang gitu, restart aja hpnya, terus di link2sd recreate mount script

      kalo gagal infoin gw lagi

      Hapus
    2. udah bisa bang...tapi pas masuk root explorernya tampilannya beda sama yg di atas...ga ada menu "link to this folder" itu kenapa? salah install superuser ya kayanya?

      Hapus
    3. bisa jadi versi root explorer yg lo pake beda. temen gw ada yg begitu soalnya...

      Hapus
    4. sekalian nih nanya udah direstart berkali kali tetep gagal (step 17 ke 18)

      Hapus
  28. no 28 , gw pengen copy kok ga bisa? knp yaa?

    BalasHapus
  29. bang hape gw kok jadi sering reboot ga jelas ya gara2 root beginian? -_- solusinya gimana nih? apa hrs kembali ke pengaturan awal pabrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootloop atau restart setelah semenit?
      kalo restart nya setelah satu menit, artinya gagal linking pas langkah 18

      Hapus
    2. tiap waktu..kadang suka reboot tiba2 -_- boot loop ya namanya? jadi gimana nih? ulang lagi? atau uninstall?

      Hapus
  30. gan kalo sdcard 16gb bagusnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah lo internalnya mau berapa.. kalo gw sih 1 gb udah lebih dari cukup

      Hapus
    2. udah work gan bisa install seengaknya lebih banyak yg tadi, tapi sekarang kalo mau nambah lagi malah gagal keluar ini "Insufficient Storage Available"?

      Hapus
    3. ohya ini udah bisa ane pindahin app nya aga legaan banyak, cara unlink root explorer gimana ya gan? soalnya ane mau partisisi ulang memorinya, kira2 perlu di unlink gak yang di root explorernya?

      Hapus
    4. lo copy lagi folder yg di app sama dalvik-cache dari sdext2 ke data...

      tapi kalo cuma mau resize partisi (entah di gedein atau di kecilin), pake tools mini partition aja

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. resize ext2 itu engga bisa yah gan? ane udah coba tapi gabisa di geser yg ext2 nya, soalnya ane kegedean ngasi ext2 nya gan

      Hapus
  31. Bro, sebelumnya thx bgt buat infonya & uda sukses di imo gw ..
    Tapi kok skrg setiap abis download apps/game dari playstore selalu muncul tulisan "Paket Tidak Valid" atau kadang keluarnya "kode error -24". Install apk yg uda gw download dari pc juga ga bisa. Mohon pencerahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di settings->application bershihin cache google play store sama google play service

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  32. gan kok memori internal gua tetep ke makan ya? trus yang partisi barunya gak ke pake tapi bisa intstal lebih banyak dari seblumnya. solusinya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba yg folder data dalem data juga di kopi ke sdext2 terus dilink
      kyk yg lo lakuin buat app sama dalvik-cache

      Hapus
    2. sukses gan. makasih atas pencerahannya

      Hapus
  33. gan. saya mau coba ngeroot nih. app UG nya ilang gak???

    BalasHapus
  34. gan. saya mau coba ngeroot nih. app UG nya ilang gak???

    BalasHapus
  35. Work gan !! Thanks
    Terima kasih

    BalasHapus
  36. Wew BERHASIL! salam kenal ya gan. gue anak industri gundar x-malang. ini kan udah berhasil. internal free nya 68MBan. kalau mau gue atur ulang jadi lebih besar gimana caranya gan? MOHON PENCERAHANNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. folder data dalam data juga lo copy ke sdext2 terus lo link
      langkahnya sama kyk yg lo lakuin buat app sama dalvik-cache

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. gan pas abis step 17 kok nunggunya lama ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya yg ext2 tipenya logical bukan primary

      Hapus
  39. gan ko hp gua jadi sering reboot ya ?
    mohon informasinya gan

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. kalo misalnya di memori external udah ada isinya. harus di format dulu ga bro , semisal mau di partisi ?

    kira - kira perlu di backup juga ga sebelum root #Sorry baru pertama pegang android nih -_- :hammers

    BalasHapus
  42. Bro, UGIYH ane berhasil nih. Kalau ane mau melegakan android ane yg lain semisal andromax, samsung, dll sama ga step-stepnya kaya diatas ?

    Terus ane mau nanya, itu di UGIYH kalau uda berhasil Framaroot, Link2SD, Root Explorer sama SuperSU boleh di delete/uninstall ga ?

    Tks Gan !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg pertama uda fix bisa gan uda ane coba, hehehe.. tinggal pertanyaan yg ke dua. Tks

      Hapus
  43. masbro, ini udah kebaca ext2 nya di info penyimpanan, tapi pas mau instal app dari playstore msh gagal "penyimpanan tidak tersedia"

    BalasHapus
  44. udah gan Hp gue lo gtuin deh , gua kgak yakin mau nyoba sendiri !! gmana gan ?

    BalasHapus
  45. saya pake memory 8gb gmana caranya tahap 2 yg nmr 5 ? binguuuung

    BalasHapus
    Balasan
    1. BANTU JAWAB | geser aja mbak, 1000mb bisa atau 2000mb juga sudah sangat bisa dan bagus

      Hapus
  46. Mas bro ane udah nyoba semua stepnya tapi ngak ada perubahan di memory internyalnya tuh ?

    BalasHapus
  47. agan punya stock rom dari HH ini ga?

    BalasHapus
  48. Misi bro, ane udh nyoba nih dan berhasil. Tp kok pas ane donlot2 gitu pas ane cek internal storagenya ttp bekurang bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya di tutorial ini yg di link cuma folder app sama dalvik
      kalau mau bener bener kosong, folder app-link sama data juga lo link

      Hapus
    2. cara nge-link app-link sama data gimana gan?

      Hapus
  49. Mau nanya nih gan ... kalau sdcard di cabut dr hh pas hh dinyalain semua system gagal terus berhenti gt tp klu sdcard di masukin kembali seperti semula ... berarti sebagian data internal masuk ke sdcard dong terus kalau mau reboot ulang hh tnpa sdcard aplikasi bawaan ke uninstall gak seperti Uginyourhand nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semua data jadi di toro ke sd card, jadi kalo sd card di cabut, semua apps ngga bisa di akses

      Hapus
    2. Kalau cara ngembaliin data yg ada di sdcard ke internal gimana ?
      Jadi biar seperti semula gt . Habis ngeri banget kalau sdcatd ilang , ntar aplikasi UG ilang lagi

      Hapus

    3. lumayan ribet.

      jadi sebelumnya semua app (kecuali google play store, google play service, link2sd, farmaroot, root explorer, dan super su) mesti di uninstall dulu

      abis itu folder yg ada di sdext2 (app, dalvik-cache, sama app-lib dan data kalo juga lo link) lo copy lagi ke data
      data yg gw maksud itu folder data yg ada folder app, sama sdext2.

      Hapus
  50. abis ikutin langkah2 diatas kog aplikasi n game2 yg udah diinstal sebelumnya ilang ya ?, bisa di balikin lg gak ?, tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau gw harusnya ngga ilang, tapi beneran kejadian, menurut gw kyknya ngga bisa di balikin

      Hapus
  51. Gan step yg 17 ane klik izinkan, terus nungguinnya lama bner hampir 30menitan belom kelar? kira" knp y gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan partisi ext2nya lo bikin logical bukan primary

      Hapus
  52. Gan kalo misalkan mau ngebalikin root menjadi bawaan pabrik itu tinggal atur ulang pabrik kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ngebalikin pabrik ngga ngilangin rootnya, kalo mau mesti lewat farmaroot

      Hapus
  53. ka, pas jalanin step 13 komputer gue tiba'' mati sendiri, padahal prosesnya belom selesai, itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepanjang sdcarnya ngga rusak. lo ulangin lagi aja

      Hapus
  54. bang kalo msh ttep ada tulisan gini di step 18
    "Memasang script salah
    Script pemasangan tidak dapat dibuat
    ext2kemungkinan tidak cocok untuk handphoneme. coba FAT32 utk partisi ke 2"
    itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih kayak gini cuma pas di restart ga bisa bisa...malah gini terus...solusinya gimana?

      Hapus
    2. gw udah beberapa kali kyk gitu, pas gw restart bisa kok.
      coba yg setting relink dex files at boot lo bikin tidak tercentang
      abis itu di restart lagi

      Hapus
  55. HELP..!!
    ane salah paste folder app+dalvik cache, alhasil aplikasi"nya gak mo kebuka.
    gimana solusinya gan..??
    harus flash ulang kah..?? minta stock rom sekalian tutornya dong..

    BalasHapus
  56. bro ko gue pas di apply failed mulu

    BalasHapus
  57. gan hp gw malah g bisa masuk.....mentok di awal...sistem ui nya...tolong gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu waktu kapan bro?
      gw curiga lo salah waktu linkingnya (step 24 dst)

      Hapus
  58. Gan mau nanya dong , cara instal ulang emo s79 dari gunadarma gmna yah ? cz OSnya kayanya ilang :(

    Masuk cuma sampe logo gunadarma aja , ga mau masuk" lg :(

    Gmna ya gan ? mohon penggelapannya yah :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bah sama kejadiannya kayak ane kak ! ane juga stuck disitu tuh, gara" habis install myfont dari Google play tuh kalo install ulangnya setahu ane tuh make ROM versi gundar cuma blom ada link download atau yang punya ... ! N ane otak atik coba deh kakak cek apa aja yang berjalan atau yang gak berjalan di tuh hape caranya teken POWER + VOLUME MIN + HOME nah pas udah masuk factory mode pilih yang paling atas tuh teken tombol power buat milihnya entar dia mulai cek apa aja yang berfungsi sama yang gak berfungsi ! oh kalo layar kakak hitam doang coba bikin garis di layar buat lanjutin pengecekan, kalo ane kerusakkannya di bawah WI-FI doang tuh ! kalo bahasa inggris mending ini bahasa cina !

      oh ya ada yang tahu gak ROM versi gundar download dmn ! BETE banget nih gak nemu"
      lebih BETE lagi nih HH garansi cuma 14 hari gila bener ...

      oh ya temen ane ada yang nannya nih knp pas di restart atau shutdown koq internal jadi penuh banget sampe" di suruh uninstall apk yang gak guna katanya

      Hapus
    2. stock rom bisa di cari di grup fbnya imo gundar

      Hapus
  59. Gan gw punya masalah nih. waktu itu gw partisiin memory yg 4gb dan berhasil, nah sekarang gw mau partisiin memory yg 8gb tp pas memorynya gw pasang semua app berhenti ga ada yg bisa jalan. solusi biar bisa gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan appnya masuk ke memory yg 4 giga om. mohon koreksi jika salah

      Hapus
    2. yo'i. soalnya datanya kan di simpen yg di 4gb. nah jadi lo mesti make yg 4gb terus. next time, mungkin gw bakal bikin post ttg caranya kalo mau ganti sd card.

      Hapus
    3. naah ia gan bener banget tuh tolong post dong caranya ganti sd card, soalnya ane juga mau ganti nih

      Hapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Bro, sudah berhasil! Lebih lega, namun kok internal tetep ke makan ya? Terutama kalo abis download di playstore kebanyakan masuknya ke internal, itu harus gimana ya? Bales ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya sebagian masih masuk ke folder data didalem data

      Hapus
  64. yang udah bisa , bantuin gw dongg ,, Gw di partisinya bingung .. Kegagalan terus .. Minta bantuannya dong
    Makasih

    BalasHapus
  65. gan gw pernah liat anak TI mindahin aplikasi ugiyh ke hape lain, tapi gak di kasih tau mungkin ada pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake aplikasi "apk extractor" gan :)., ane juga udah mindahin aplikasi uhgiyh ke Xperia Z1 ane dan work 100%

      Hapus
  66. nah pas di sdext2 salah step, pas mau di ulang gak sengaja ke hapus, terus jadi gak bisa buka apa2
    please bantuinnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. backup data sebisa mungkin, terus factory reset

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. HP guard room nya error nih aplikasi pada ga bisa ke buka semua ini ada cara buat balikin ga? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling factory reset. jadi backup data aja dulu

      Hapus
  69. kok punya saya pas waktu link2sdnya lg proses gk kelar kelar gmna gan tolong pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan itu karena di partisi ext2nya lo jadiin logical bukan primary

      Hapus
  70. Gan ini Khusus Untuk Instalan aja ya worknya, kalo DATA BBM, Path, LINE, dll itu masih tetep masuk Ke Internal..
    kecuali kita hapus DATA kurang lebih sama kaya log out. ada solusi ga agar data di jejaring Sosial dan Game masuk ke SD2ext

    BalasHapus
    Balasan
    1. folder data yg ada di dalam data juga lo pindah ke sdext2 terus lo link
      tapi resikonya lumayan gede. kalo sdcard lo rusak, atau lo copot / ganti sd card lain, jadinya medium boot loop (booting cuma sampe logo ug in your hand)

      Hapus
  71. ini punya gue udh di partisi tapi waktu di mount di hpnya gabisa terus, tapi berkat app link2sd data yg gue download udh bisa pindah ke sdcard... karna gue pikir partisinya kaga kepake gue hapus tuh partisi yg ext2 jadi fat32 lagi tapi data jadi pada gajalan semua, app yg ada di apk instaler pun gabisa di install... gimana caranya biar bener lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya bener lagi ya di factory reset bro, sejauh ini belom ada cara selain itu

      soalnya yg dipake sama link2sd kan ext2nya. jadi kalo lo apus partisinya. ya aplikasinya pada ilang semua

      karena dari awal link2sd itu udah bisa mindahin applikasi ke ext2 tanpa ngelink folder. tapi karena hp gundar kebanyakan baru bisa lega kalo foldernya dilink.

      Hapus
  72. gan klo gw mw nambah memori yang udh di partisi bisa gk soalnya gw cma partisi 800 mb doank, apa harus di unroot di frameroot ? atau ada cara lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu gw nyoba di mini tool, partisinya ngga bisa di resize, tanpa ngehapus partisi ext2nya, tapi sebelum ngehapus partisinya, mesti di unlink dulu. caranya belom gw posting. belom backup hp soalnya :v

      Hapus
  73. Ada yang backup stock rom nya IMO gak , kalau ada tolong di share dong. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di grup fbnya imo gundar. mereka punya kok

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. kalo pake micro sd yg 8gb ada step yg dirubah gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting unallocated space afternya sekitar 1000 mb
      karena itu yg dipake buat ngelegain internalnya

      Hapus
  76. ada yang punya stock rom imo gundar gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di grup fbnya imo gundar. mereka punya kok

      Hapus
  77. gan kalo gue gagal melakukan step2 yg lu kasih gimana jadinya hape gue?
    apakah matot atau masih bisa nyala cuma rada2 ccd?
    MESIN MESIN MESIN :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ngikutinnya bener ngga bakal error.
      biasanya kasus yg umum cuma gagal mounting. kalo gw sih cuma restart doank udah beres. ngga tau kenapa yg lain pada tetep gagal.

      nah kalo salah linking itu tergantung salahnya dimana
      kalo malah ke link di dalam sdext2 masih bisa ngulang lagi dari step 24.

      tapi yg gw tau rata rata error tuh gara gara masang theme, app launcer. atau lagi proses aplikasinya lama, batrenya dicabut. biasanya errornya mulai dari sd card rusak, sampe yg paling parah medium bootloop

      Hapus
    2. oh iya, error yg lain mungkin kalo folder yg di dalem sdext2nya keapus, pasti juga bikin ngga jalan kan :))

      Hapus
    3. lu kampus mana gan??

      Hapus
  78. Gan ane kok lama bngt ya setelah step 17 .. tunggu sebentar terus gan .. gimana tuh ya gan mohon infonya gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar membantu : SuperSU ente harus aktif dulu bro, coba cek dibagian pengaturan aplikasi :)

      Hapus
  79. Bro, Framaroot-1.7.1.apk gak bisa didownload .. terdapat keyword kya gini " Maaf, file ini tertular virus Hanya pemilik yang dibolehkan mengunduh file yang terinfeksi."
    tolong dong reupload link yg baru.
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar membantu : Aplikasi framaroot bisa ente download sendiri dari google bro biar lebih lancar :)

      Hapus
  80. thanks gan tutorial nya berhasil. tapi gue mau nanya Linking App&Dalvik-Cache ke sdext2 itu untuk apa ya ? soal nya gue punya htc explorer udah di root dan udah pake link2sd juga.tapi belom di link app&Dalvik-Cache ke sdext2.

    BalasHapus
  81. gan saya udah coba step diatas dengan benar, tapi ko internalnya tetep penuh ya ga, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  82. gan kok punya ane jadi gak bisa buka semua aplikasi gan??
    moho bantuan gan

    BalasHapus
  83. step 16 gagal mulu gan, knp yaa? mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek lagi, partisi ext2nya udah dibikin primary ngga?
      soalnya kalo lama itu gara gara ext2nya logical

      Hapus