Kamis, 03 November 2016

Tugas Pengantar Telematika 2 - Telematika dalam Pengembangan informasi teknologi

Nama : Achmad Syarif H.
Kelas : 4KA04
NPM : 10113100
Mata Kuliah : Pengantar Telematika

Telematika dalam perkembangan informasi teknologi berkembang diantaranya menjadi sebuah komunitas sosial media. Jaringan sosial media menghasilkan banyak percabangan informasi dari pertemanan, jual beli serta beragam kegiatan manusia yang bersinggungan dan mempengaruhi pola hidup penggunanya.
Adanya kolaborasi alat, teknologi manusia dan aktifitas menjadi alasan kemudahan dan kebutuhan...



Sebutkan dan analisis 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yg dpt dilakukan dgn sosial media tersebut.

1. Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Fitur unggulan pada Twitter

  • Direct message (DM) : Memungkinkan komunikasi dua arah antar pengguna Twitter dengan batasan 140 karakter. Pihak pengirim pesan hanya bisa mengirimkan Direct Message pada pihak yang sudah melakukan mem-follow dirinya
  • Tweet : Tulisan yang dapat Anda posting di timeline Twitter. Jumlahnya tidak melebihi 140 karakter dan biasanya dapat berisi informasi, obrolan, ungkapan hati atau kata-kata motivasi.
  • Retweet (RT) : Tindakan mem-forward suatu tweet yang ada pada timeline sehingga para follower Anda juga dapat melihat tweet tersebut. 
  • Mention : Suatu tindakan untuk memberi tahu seorang pengguna Twiter dengan mencantumkan username nya pada tweet (@username) sehingga orang tersebut akan ikut membaca tweet yang Anda kirimkan.
  • Hashtag : Pengertian Hashtag simbol # di Twitter. gunanya agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah.

Aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Twitter

  • Menulis Kicauan atau sering disebut dengan tweet
  • Mengunggah foto
  • Memberikan link informasi
  • Mencari konten informasi

2. Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Fitur unggulan pada Instagram

  • Efek foto : Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya.
  • Caption :  Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya.
  • Mention : Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menyinggung pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan nama.
  • Geotagging : Geotagging sendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam situs web ataupun foto. Dengan Geotag, para penguna dapat terdeteksi lokasi mereka telah mengambil foto tersebut atau tempat foto tersebut telah diunggah.

Aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Instagram

  • Mengunggah foto atau video
  • Mengedit foto atau video dengan efek yang disediakan instagram
  • Mencari foto dengan menggunakan Hashtag

3. Facebook
Facebook merupakan salah satu layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang digunakan untuk berinteraksi secara sosial, baik sesama anggota keluarga, sesama rekan sekolah, sesama rekan bisnis, juga dapat berinteraksi dengan berbagai macam ras dari seluruh dunia untuk bertukar pesan, gambar atau foto, musik, dan juga video. Disamping itu Facebook juga dapat digunakan untuk dapat membuat grup yang sesuai dengan minat para anggotanya, baik berdasarkan kategori tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, berdasarkan tempat tinggal, keluarga, dan lain sebagainya.

Fitur unggulan pada Facebook

  • Update Status/ Status terkini : untuk menuliskan segala macam keluh kesah yang ada dalam perasaan Anda atau mengungkapkan keinginan Anda.
  • Chat/ Obrolan : Untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
  • Applications/ Aplikasi : Banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
  • Games/ Permainan : Banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
  • Wall/Dinding : Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.

Aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Facebook

  • Update Status
  • Like Status
  • Unggah Foto
  • Main Game
  • Chat atau Obrolan

4. Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Umumnya konten video yang tersedia di YouTube adalah klip film, klip TV, video musik serta konten video buatan para penggunanya sendiri. Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih.

Fitur unggulan pada Youtube

  • Upload Video : Anda dapat mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun apabila anda memiliki track record yang bagus ada kemungkinan YouTube akan menawarkan kapasitas upload yang tidak terbatas kepada anda.
  • Wevideo Now on Youtube : Meng-edit video langsung dari youtube adalah fitur rahasia terbaik pada youtube. Pada fitur ini kita dapat bisa menemukan berbagai aplikasi mengedit video di youtube.
  • Youtube Localized in more Countries and languages : Dengan mengubah lokasi yang terdapat pada bagian paling bawah situs, pengguna bisa menemukan halaman youtube yang bersifat lebih lokal, seperti bahasa dan video populer pada masing-masing negara.
  • Smart Subscribe button : Tombol "subcribe" saat anda melihat video juga mengalami update dan menjadi lebih "pintar". Tombol ini akan memberitahukan apabila anda sudah "subcribe" pada channel dari video tersebut. Apabila anda belum tersubscribe, tombol akan tampil dalam bentuk standar.

Aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan YouTube

  • Mengunggah video
  • Menonton berbagai macam video
  • Subscribe (langganan) akun Youtuber yang menarik
  • Menyukai video yang ada di YouTube

5. Snapchat
Snapchat adalah aplikasi pesan mobile yang unik dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik.

Fitur unggulan pada Snapchat

  • Mengirim pesan dalam bentuk video yang berdurasi maksimal 10 detik.
  • Mnambahkan sticker atau emotion dengan gambar khusus dari design Snapchat.
  • Menambahkan efek-efek pada video yang fiturnya sudah tersedia dari Team Snapchat.

Aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Snapchat

  • mengirim pesan teks maupun pesan dalam bentuk video.
  • mengunggah video yang ditampilkan maksimal berdurasi 10 detik yang kemudian akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam kemudian.
  • melihat video teman kita yang mereka unggah di Snapchat.


Jelaskan masing2 komunitas apa saja yg terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yg dilakukan melalui sosmed tersebut.

1. Group Facebook Komunitas Pecinta Anime Jakarta [KOPAJA]
KOPAJA adalah suatu komunitas/keluarga kecil bagi para pencinta Anime/manga, dan J-Culture lainnya, yang berbasis di daerah JABODETABEK. Komunitas ini dibentuk pada awalnya untuk menyatukan para Anime/Manga Lover, agar bisa mendapatkan tempat utk saling share, diskusi anime, dan menemukan orang-orang sehobi yg bisa disebut teman/keluarga.

2. Komunitas Twitter @Warung_Blogger
Warung Blogger yang menggunakan nama akun @Warung_Blogger merupakan komunitas blogger yang sudah cukup ternama. 'Tempat silaturahim para blogger lintas platform', begitu yang tertulis di bio mereka. Di komunitas ini sering ada lomba dan kuis-kuis. Follower di twitternya juga sudah banyak. So, kalau kita share artikel baru ke sana, maka artikel tersebut akan punya kemungkinan besar dibaca oleh banyak orang. Untuk share atikel blog kesana wajib pasang hastag #HappyBlogging

3. Komunitas Instagram Indovidgram (@indovidgram)
Akun indovidgram ini berisikan berbagai macam jenis video yang dibuat oleh para pengguna instagram dari seluruh penjuru indonesia. Dari jenis video lucu, video masak, video musik, atau video lainnya.

4. Komunitas Youtube Indonesia
Merupakan wadah bagi youtuber indonesia membagikan konten kreasi mereka.

5. Komunitas Snapchat Indonesia
Suatu komunitas bagi para pengguna snapchat yang ada di indonesia.

Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi.
1. Twitter
Dampak Positif

  1. Media informasi : Mendapatkan informasi yang terbaru dan terkini, maksudnya kita akan mendapatkan sebuah informasi yang terbaru dan terkini dari twitter, sehingga kita tidak ketinggalan berita. 
  2. Twitter bisa sebagai tempat bisnis dan promosi : bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.
  3. Meraih ketenaran dan populer : Disini kita akan menjadi tenar ditwitter dan diketahui diseluruh dunia dengan isi konten twitter yang menarik.

Dampak Negatif

  1. Membuat Kecanduan : Ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan waktunya buat ngetweets dan melupakan tugas di kehidupannya
  2. Menjadi pemicu konflik antar pengguna account


2. Instagram
Dampak Positif Instagram

  1. Sebagai media penyebaran informasi.
  2. Sebagai media promosi dalam bisnis. 

Dampak Negatif  Instagram

  1. Mengurangi kinerja. 
  2. Berkurangnya privasi pribadi. 
  3. Pornografi.


3. Facebook
Dampak Positif

  1. Mempererat Hubungan Silaturahmi : Dengan facebook kita dapat bertemu kembali dengan saudara, family atau pun teman lama dan dengan mudah kita bisa berkomunikasi jarak jauh bersama mereka.
  2. Sebagai Media Promosi : Facebook sangat potensial untuk mempromosikan sebuah produk,  jasa, intansi dan lain sebagainya.
  3. Tempat Sarana Diskusi : Dengan facebook kita bisa bertukar pikiran ataupun berbagi informasi dengan membuat sebuah group atau organisasi.

Dampak Negatif

  1. Mengganggu Pekerjaan : Banyak karyawan, dosen dan  mahasiswa yang curi-curi waktu bermain facebook saat bekerja yang tentunya akan mengurangi hasil kerja dan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain.
  2. Batasan Ranah Pribadi yang Menjadi Kabur : Dalam facebook kita bebas menulis apa saja dan seringkali tanpa sadar kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna facebook terkadang tak sadar menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook nya.
  3. Interaksi Sosial Berkurang : Banyak orang memilih menyendiri dirumah atau warnet ketimbang bergaul dengan teman-teman atau anggota keluarganya.


4. YouTube
Dampak positif

  1. Dapat mencari video tutorial.
  2. Bisa menjadi artis instant.
  3. Bisa berbagi momen dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
  4. Dapat mencari video unik dan lucu.
  5. Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik.

Dampak Negatif

  1. Dapat dipakai untuk mencari video kekerasan maupun porno.
  2. Video yang dapat merubah reputasi seseorang.

5. Snapchat
Dampak Positif

  • Berbagi momen dalam kegiatan kita.

Dampak Negatif

  • Batasan Ranah Pribadi yang Menjadi Kabur.


Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.
1. Group Facebook Komunitas Pecinta Anime Jakarta [KOPAJA]

2. Komunitas Twitter @Warung_Blogger

3. Komunitas Instagram Indovidgram (@indovidgram)

4. Komunitas Youtube Indonesia

5. Komunitas Snapchat Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar