Kamis, 24 September 2015

Tugas Interaksi Manusia & Komputer - 1 – Contoh User Interface

Nama : Achmad Syarif H.
Kelas : 3KA04
NPM : 10113100
Mata Kuliah : Interaksi Manusia & Komputer

User Interface

User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan Sistem tersebut.


Contoh UI : Windows Phone 8




Era komputasi mobile yang telah berkembang pesat, seakan telah mengubah paradigma komputasi dari desktop menjadi mobile, artinya kita bisa menggunakan teknologi komputer kapanpun dan dimanapun kita berada. Perkembangan industri mobile yang telah berkembang begitu cepat dan pesat, telah banyak berubah, pabrikan Nokia yang dulu menguasai industri mobile kini telah tenggelam, dan kini industri mobile dikuasai oleh Android dan iOS.

Seolah tak mau ketinggalan, Microsoft berupaya mengejar dan berusaha merebut pasar industri mobile atau smartphone tersebut. Mereka berusaha untuk mengembangkan sistem operasi mobile mereka yakni Windows Phone yang dibundle pada paket Lumia. Hingga pada tahun 2012 Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, Windows Phone 8, bersama dengan versi desktopnya.

Meminjam banyak teori desain grafis Swiss, konsep desain antarmuka Modern baru Microsoft yang bernama Metro menekankan pada cara interaksi antara konten dan tipografi. Animasi juga memainkan peranan besar dan penting pada tampilan dan citarasa keseluruhan antarmuka. Ini berarti bahwa ketika Anda melihat layar ponsel Anda, Anda akan melihat aplikasi tersusun atas banyak tile berbeda. Tile ini ‘hidup’ karena mereka bisa otomatis menampilkan dan meng-update dirinya sendiri dengan informasi seperti cuaca, berita, email terbaru dan lainnnya. Tile ini juga berfungsi sebagai shortcut ke beragam aplikasi.

Melihat tweets terbaru atau pesan teks hanya dengan sekilas dan semua dalam satu tempat. Belum lagi pengaturan tiles yang dapat disesuaikan. Keseluruhan tampilan khas dan berbeda dari iOS, yang berfokus pada penggunaan ikon statis untuk menavigasi dan pop-up seperti pemberitahuan untuk menangkap data yang masuk. antarmuka Metro dibuat untuk konsumen yang hanya ingin mengakses atau menggunakan konten. sehingga lebih pas jika pengguna ingin melakukan aktivitas ringan, seperti mengecek akun jejaring sosial, melihat foto, atau mem-posting sesuatu ke akun sosial medianya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar