Minggu, 29 November 2015

Tugas Interaksi Manusia & Komputer - 2 – Interaksi Manusia dengan Komputer pada Film Iron Man 3

Nama : Achmad Syarif H.
Kelas : 3KA04
NPM : 10113100
Mata Kuliah : Interaksi Manusia & Komputer



Intro

Sebelum kita mulai, ada eksperiment yang harus kita coba dulu. sederhana saja. Cabut kabel keyboard serta mouse anda. Sudah? Nah sekarang coba tutup window browser ini. Sedikit sulit ya kan? sebentar? anda menggunakan telepon genggam dan merupakan layar sentuh? okay tampaknya saya sedikit ceroboh. Tapi semoga saja point saya tersampaikan. Semua teknologi canggih yang ada saat ini sangatlah hebat, tapi hanya sehebat kemampuan kita untuk mengendalikan dan berinteraksi dengannya. Tanpa hubungan input antara kita dengan alat kita, sangatlah sulit menggunakannya. Nah, teknologi Ironman lebih kompleks dari hp dan laptop kita. Jadi tony butuh lebih dari sekedar keyboard dan mouse untuk melakukan aktivitasnya. Dan inilah isu yang akan kita bahas. user interface dari Ironman.


Subtle Movements

Jika Anda harus gulir ke bawah untuk membaca ini semua butuh adalah jentikan jari telunjuk Anda. Tony tidak memiliki mouse atau keyboard tapi ia masih memiliki jari-jarinya dan mereka masih dalam setelan mampu menerima perintah. Lebih dari sekedar jari-jarinya seluruh tubuhnya mampu memasukkan perintah tergantung pada bagaimana teknologinya telah diprogram.

Nah jika Anda menghabiskan cukup waktu di keyboard Anda mungkin memiliki hal yang hafal dan bahkan tidak benar-benar membutuhkan kunci di depan Anda tahu di mana untuk menempatkan jari-jari Anda untuk mengetik apa yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki akses ke salah satu dari ini (http://www.virtual-laser-keyboard.com/demo.asp) keterampilan yang bisa datang sangat berguna. Jarvis bisa dengan mudah memproyeksikan keyboard virtual di helm Tony bahwa ia kemudian bisa menggunakan jari-jarinya untuk memanipulasi sama seperti jika ia menggunakan keyboard nyata. Ini adalah sedikit janggal untuk sesuatu yang begitu kompleks, itu nyaris tidak bekerja untuk video game, tetapi kita tahu Tony menggunakan sesuatu seperti Bluetooth untuk membuat panggilan telepon dari dalam gugatan itu sehingga keyboard mungkin memiliki beberapa utilitas. Siapapun dengan e-mail diaktifkan ponsel pintar akan membuktikan kenyamanan e-mail dengan cepat, dan Tony memang memiliki sebuah perusahaan untuk menjalankan. Juga, sebagai penulis Matt Fraksi menunjukkan dalam masalah awal tak terkalahkan IRON MAN, tidak ada petunjuk untuk armor dan tidak ada dukungan teknis. Tony diprogram awalnya dan ia mungkin perlu melakukan penyesuaian kode harfiah dengan cepat. Sebuah keyboard akan memungkinkan hal itu.

Sebuah sistem yang sama bahkan bisa mengisi fungsi mouse. Pindahkan tangan, yang dalam setelan sehingga gerakannya terdeteksi, dan mouse bergerak. Klik jari telunjuk, kiri mouse klik. Anda mendapatkan ide. Kombinasi keyboard dan mouse cukup berguna, tetapi jauh dari seksi dalam hal teknologi futuristik. Jadi mari kita lihat apakah kita tidak bisa menaikkan taruhan sedikit dengan ...




Voice Control

Sudah jelas ketika menonton "Iron Man" suara Tony dimodifikasi ketika berbicara melalui bajunya. Masuk akal karena dia memang memiliki identitas rahasia ke titik itu, ditambah baju yang tebal dan membuat suara sendiri jadi saya tidak yakin apakah Tony bahkan bisa berteriak cukup keras untuk didengar melalui helm jika ia ingin. Tapi itu benar-benar hal yang baik; memungkinkan Tony untuk menggunakan suaranya tanpa ada yang menyadarinya. Ini akan baik untuk sesuatu yang lebih rutin daripada apa yang akan diperlukan dengan keyboard dan mouse. Seperti menguji permukaan kontrol, jalur penerbangan dari benda terbang lainnya, dan menelepon teman di telepon. Hal-hal ini mungkin terjadi cukup teratur dan tidak meminjamkan diri untuk setiap gerakan tertentu untuk mengaktifkan bahwa itu mungkin sebagai sederhana untuk hanya mengatakan keras-keras ke Jarvis.

Meskipun tidak cukup di mana-mana sebagai keyboard dan mouse, teknologi pengenalan suara sudah tersedia dan bahkan menjadi lebih maju dengan setiap siklus hukum Moore (http://en.wikipedia.org/wiki/Moore's_law). Dulu bahwa seseorang harus benar-benar melatih perangkat lunak untuk mengenali pola suara dan pidato khusus mereka. Saat ini telepon dapat mengenali nama bahkan kompleks seperti Wisecup, Olsson dan Beil tanpa pelatihan sebelumnya dengan suara seseorang atau bagaimana nama-nama harus diucapkan. Ini tidak sempurna, tetapi kemajuan itu dibuat sedemikian waktu singkat tidak kekurangan menakjubkan (Marvel benar-benar memiliki kata sifat terbaik).

Nah Tony memiliki keuntungan besar dibandingkan Anda dan telepon Anda; dan keuntungan yang Jarvis (super-komputer, bukan manusia, meskipun kepala pelayan akan cukup menguntungan). Tentunya kita tidak tahu banyak tentang isi kepala Jarvis, tapi kita melihat apa yang dia mampu melakukan dan itu banyak. Ini aman untuk mengatakan Jarvis (tidak diragukan lagi akronim, tapi mari kita memanggilnya Just Another Really Very Incredible Supercomputer) adalah dari awal AI (artificial intelligent) yang dibuat Tony untuk Tony. Jarvis menjalankan rumah Tony, itu mungkin adalah gaya mengendalikan layar hologram di toko Tony bahwa ia memanipulasi dengan tangannya, dan dapat meng-upload sendiri tanpa kesulitan menjadi baru dibangun. Pikirkan Jarvis seperti R2-D2 dalam X-Wing, tidak menjalankan pertunjukan, tetapi menyediakan banyak dibutuhkan kembali. Selain itu, Tony memiliki dua bots lebih berwujud lainnya di lab juga, dan mereka tampaknya setidaknya memahami perintah-Nya. Jadi Jarvis bahkan bukan prototipe, sehingga yang jauh lebih efektif.


 

Eyeballs

Manusia adalah makhluk yang sangat visual. Banyak cara kita berinteraksi dengan dunia didasarkan pada apa yang kita lihat, dan ketika beroperasi baju Iron Man Tony berada di bawah pembatasan biologis yang sama. Jadi mengapa tidak mengubah keterbatasan yang menjadi kekuatan suatu? Begitu Tony memakai helm pengalaman penonton hanya cara yang dilakukan. Informasi membanjiri lapangan Tony pandang dalam gugatan itu, atau head up display (HUD). Setiap objek ia melihat langsung informasi telah dibesarkan dan ditampilkan, sehingga jelas Jarvis melacak gerakan mata Tony dan melakukan apa yang bisa untuk menyediakan data lingkungan. Ini tidak mungkin ini jauh lebih dari kenyamanan dan kurang dari mekanisme kontrol, tetapi merupakan bagian integral dari bagaimana Tony berinteraksi dengan jas dan dengan demikian dunia di sekelilingnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar